Cara Menulis Artikel yang Baik, Bagaimana ??

Posted By admin

Artikel  merupakan salah satu bagian utama dalam blog karena artikel merupakan isi dari blog itu sendiri. Sehingga menulis artikel menjadi rutinitas para blogger dalam membangun sebuah blog. Untuk para blogger menentukan artikel apa yang akan mereka bagikan dalam blog mungkin tidaklah sulit karena sebelum membangun blog mereka telah menentukan tema yang mereka pilih untuk blog mereka tersebut.  Namun ada hal yang harus kita perhatikan sebelum kita mempublikasikan artikel kita kedalam blog . Yaitu Bagaimana cara menulis artikel yang baik ?
Agar artikel yang kita buat bisa bernilai baik di mata pengunjung blog dan search engine, anda bisa memperhatikan dua hal berikut :
bagaimana cara menulis artikel yang baik

BAHASA

Bahasa menjadi poin nomor satu yang harus anda perhatikan dalam menulis artikel, anda bisa bayangkan jika bahasa yang anda gunakan tidak bisa dipahami atau dimengerti oleh orang lain. Jadi dalam menulis artikel, perhatikan :
  • Tata bahasa
Gunakan tata bahasa yang sopan ,baik dan bisa dengan mudah dimengerti oleh pengunjung secara luas, jangan gunakan gaya bahasa lokal namun gunakanlah gaya bahasa yang umum  karena pengunjung blog bisa berasal dari daerah mana saja.
  • Tanda Baca
Jangan lalaikan hal ini karena tanda baca menjadi bagian penting dalam ejaan. Ingat yang kita buat adalah artikel  bukan video . Anda bisa bayangkan jika dalam artikel yang terdiri dari 500 atau 800 kata tetapi hanya terdapat satu tanda baca titik di akhir artikel
  • Panjang Pendek
Menurut saya  panjang atau pendeknya suatu artikel tidak berpengaruh terhadap kualitas artikel asalkan artikel yang kita buat sesuai dengan judul atau topik artikel yang kita buat. Apa mungkin anda menulis artikel sebanyak 2000 kata jika judul atau topik artikel yang anda buat adalah cara menggoreng telor mata sapi.  sebaliknya apa mungkin anda membuat artikel 75-120 kata jika judul artikel yang anda pilih adalah cara membangun sebuah rumah dari awal sampai finishing.


ISI KONTEN YANG JELAS

Ini adalah poin kedua yang harus diperhatikan dalam menulis artikel, Artikel yang baik harus memiliki isi yang jelas, jika artikel yang anda buat berupa informasi, berarti artikel tersebut harus menyampaikan informasi yang jelas dan akurat. Jika artikel yang anda buat adalah berupa tata cara atau tips dalam membuat sesuatu, merawat atau artikel sejenis lainnya maka isi artikel harus lengkap dari awal sampai bagian akhir. Artinya setelah membaca artikel yang anda buat, para pengunjung bisa memahami  dan menemukan informasi yang terkandung didalam artikel.

Dua poin diatas merupakan poin yang saya anggap penting yang harus kita diperhatikan dalam menulis artikel . Semoga bisa menjadi masukan yang bermanfaat buat para pembaca.