Pentingnya Etika Kita Dalam Berinternet

Posted By admin

Judul artikel di atas memang hal yang mungkin jarang ditanyakan oleh kebanyakan para pengguna internet. Setelah mengenal sesuatu yang baru para pengguna biasanya akan sangat sibuk mencari hal apa saja yang dapat mereka temukan di internet dan itupun wajar. Internet menyajikan banyak hal yang menarik. Berbagai macam informasi bisa didapat dengan mudah bahkan bermacam jenis komunikasi barupun dapat kita temukan disini seperti berkirim kabar melalui email sampai berkomunikasi langsung atau yang sekarang lebih dikenal dengan istilah chatting bisa ditemukan di internet. Namun dengan asyiknya kita dengan hal-hal baru tersebut, terkadang kita lupa bahwa seperti layaknya komunikasi yang dilakukan di luar layar yang harus memperhatikan aturan atau tata cara, maka sesungguhnya etika dalam berinternet pun perlu diperhatikan.

Mengapa etika dalam berinternet itu perlu

Mungkin tidak semua hal harus memperhatikan etika dalam kita berinternet karena memang tidak semua kegiatan berinternet memerlukan sikap yang menjaga tingkah laku kita seperti kegiatan searching atau mencari informasi karena kegiatan tersebut memang tidak terjadi komunikasi dengan orang lain, cukup duduk didepan perangkat internet kita kemudian mencari informasi yang kita butuhkan. Namun seperti yang saya katakan di atas, dalam berinternet  tidak semua kegiatan internet hanya melakukan pencarian. Pasti ada kegiatan lain yang melibatkan orang lain atau sebuah komunikasi yaitu kegiatan chat atau beremail. Jadi kegiatan berinternet  yang seperti inilah yang saya katakan perlu sebuah etika. Hal ini bertujuan agar komunikasi yang kita jalin tidak meninggalkan kesan yang kurang bagus, berikut beberapa hal bisa anda pahami untuk menjaga etika dalam berinternet  :
  • Jangan membicarakan orang lain didalam forum umum selain merupakan kegiatan yang kurang bagus, hal ini bisa berakibat buruk terutama apabila bahan obrolan yang kita bicarakan bersifat mengejek atau menceritakan kejelekan orang lain.
  • Perhatikan tata bahasa yang kita gunakan termasuk pemakaian huruf. dalam berkomunikasi antara kita dengan orang lain belum tentu tata bahasa yang kita gunakan sama dengan tata bahasa teman chat kita terutama dengan teman chat berasal dari daerah lain. Pemakaian huruf besar juga berpengaruh, karena penggunaan huruf besar biasanya untuk mempertegas. Bisa jadi lawan komunikasi kita menjadi salah paham mengartikan bahasa yang kita gunakan.
  • Perhatikan batasan informasi yang kita bagikan terutama hal yang bersifat pribadi. Kita harus bisa menentukan batasan-batasan informasi yang bisa kita sampaikan hal ini mengantisipasi agar tidak menjadi masalah di kemudian hari. 
  • Hindari kontak yang tidak perlu hal ini biasanya bisa terjadi didalam forum atau chat dimana antara pengguna sering terjadi perselisihan seperti beda pendapat yang dapat memicu hal-hal yang kurang bagus.
  • Hargai karya orang lain. Dalam internet akan terdapat banyak informasi atau materi baik itu artikel, gambar, logo, musik dan semua itu ada pemilik dan pembuatnya yang biasa kita kenal dengan istilah hak cipta. jadi menghargai karya orang lain termasuk menjaga etika dalam berinternet .
Jadi walaupun komunikasi dalam berinternet merupakan jenis komunikasi tidak melakukan kontak secara langsung antara satu dengan yang lain, namun kita harus tetap menjaga etika komunikasi layaknya kita berkomunikasi secara nyata. Sikap saling menghargai akan sangat bermanfaat dalam menjaga hubungan yang baik antara kita dengan orang lain baik langsung maupun tidak langsung.