Bagaimana Internet Bekerja

Posted By ichsan nurhidayah

Belajar internet  penjelasan singkat mengetahui bagaimana cara kerja internet. sebagai salah  satu konsumen yang menggunakan dan menikmati akses internet, anda pasti memiliki rasa ingin tahu cara kerja Internet yang unik ini di mana dalam waktu singkat dapat mengirim data dalam berbagai format audio dan visual. Berikut adalah penjelasan sederhana kami bagaimana cara kerja internet. Untuk memahami cara kerja internet sebelumnya anda wajib mengetahui beberapa komponen penting yang mendukung cara kerja internet.
Modem
Modem merupakan perangkat tambahan yang akan menghubungkan komputer anda dengan jaringan internet yang berfungsi menangkap dan mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital
Domain name server
Domain name server atau yang biasa disingkat dengan DNS merupakan penerjemah dari sebuah alamt IP address ke alamat domain address serta sebaliknya. DNS merupakan bagian penting dari internet karena server - server DNS menangani penerjemahan naman - nama host ke IP address numerik sehingga paket - paket dapat dirutekan ke alamat yang tepat di dalam internet.
Web server
Web server merupakan aplikasi yang digunakan untuk menerima permintaan informasi dari user melalui web browser serta mengirimkan kembali informasi yang diminta melalui hypertext transfer protocol atau HTTP. Biasanya web server diletakkan di komputer tertentu pada web hosting.
Router
Router adalah alat jaringan yang mengarahkan aliran lalu lintas jaringan. Jika router diposisikan diantara internet dan jaringan internal, router tersebut dapat berlaku sebagai firewall. Router biasanya dilengkapi dengan tabel data alamat - alamat IP yang menggambarkan kebijakan penyaringan.
Internet Service Provider (ISP)
ISP merupakan perusahaan penyedia layanan koneksi ke internet. Umumnya ISP mempunyai beberapa modem di mana pelanggannya bisa melakukan dial up dengan account PPP.
cara kerja internet

Cara kerja internet dimulai ketika Anda menghubungkan komputer Anda ke internet, anda tersambung ke jenis khusus server yang disediakan dan dioperasikan oleh Internet Service Provider (ISP). Tugas ISP ini adalah untuk menyediakan link antara browser dan memberikan akses ke server tujuan. Contoh ISP ini adalah smartfren, flexi, atau telkom, fungsi modem yang anda gunakan akan membantu mengakses ISP ini.  Server ISP menangani koneksi internet dari banyak browser dan mungkin ada ribuan orang lain yang terhubung ke server yang sama yang anda gunakan saat ini. Server ISP menerima permintaan dari browser untuk melihat halaman web, memeriksa email, dan berbagai aktivitas yang anda perintahkan lainnya. Tentu saja setiap server tidak dapat menampung semua informasi dari seluruh internet, sehingga untuk memberikan browser sesuai dengan request yang diminta tentu akan terhubung dengan server lain. Server lain inilah yang kita namakan sebagai host server, atau server yang secara spesifik menampung file atau data yang dibutuhkan. Host server menyediakan sebuah ‘website’ atau kumpulan file untuk di akses melalui berbagai jenis web browser. Setiap situs web yang ada di dunia memiliki sebuah server host di suatu tempat yang memiliki akses IP public sehingga dapat di akses oleh siapa saja.
Demikian penjelasan singkat kami tentang cara kerja internet, ternyata untuk mengakses sebuah data memerlukan proses yang panjang namun semua terjadi dengan begitu cepat.
(dari berbagai sumber)