Perbedaan Google.com dan Google.co.id

Posted By admin

Mengenal perbedaan antara google.com dan google.co.id. tentu sering muncul pertanyaan dalam diri anda tentang perbedaan antara google.com dengan google co.id bahkan andapun mungkin telah mengalami hal yang sama seperti yang telah dialami banyak pengguna internet lainnya dimana ketika anda mengetikan alamat google.com di URL browser secara otomatis alamat google.com tersebut akan berubah menjadi alamat google.co.id. Hal seperti ini sebenarnya adalah dikarenakan google telah melakukan pengalihan kedomain sesuai dengan negara yang bertujuan mempermudah pengguna layanan google di negara tersebut untuk menemukan kata pencarian mereka karena kata pencarian tersebut telah diarahkan menjadi lebih spesific ke kata-kata negara tersebut.
Contoh : Anda adalah warga Negara Indonesia, ingin melakukan pencarian kata “fhoto” maka secara otomatis google akan mengarahkan kita ke domain google.co.id sehingga akan mengindek kata fhoto yang sesuai dengan bahasa Indonesia sehingga hasil yang ditampilkan mesin pencari pun adalah hasil kata foto yang berhubungan dengan bahasa Indonesia.

Namun jika anda menggunakan google.com kemudian mengetikan kata “fhoto” maka google akan menampilkan hasil pencarian kata foto dengan hasil yang lebih luas tidak hanya dalam bahasa Indonesia. Karena google.com sendiri akan mengindeks kata kata pencarian secara internasional atau global tidak dibatasi oleh pencarian kata tertentu di dalam negara.

Bagaimana jika anda ternyata ingin melakukan pencarian yang lebih luas dengan google.com tidak hanya google.co.id saja. Anda cukup melakukan hal sederhana yaitu dengan menambahkan alamat https://google.com/ dengan huruf ncr seperti ini https://google.com/ncr trus tekan enter dengan secara otomatis google.co.id anda telah menjadi google.com. ncr adalah singkatan dari “No Country Redirection”  sehingga browser kita tidak di batasi oleh suatu negara sehingga akan memunculkan hasil pencarian internasioanal atau global. demikian penjelasan singkat dari kami dan semoga artikel pada blog belajar internet ini bisa menjawab tanda tanya anda tentang perbedaan google.com dan google.co.id.