Apa Bedanya Para Hacker dan Para Cracker

Posted By admin

Mengenal perbedaan Hacker dan Cracker. Saat berselancar di dunia internet sudah pasti kita sering kali menemukan banyak istilah-istilah kata yang belum kita ketahui artinya, termasuklah kata hacker dan cracker seperti yang akan kami ulas melalui artikel singkat kami berikut ini tentang perbedaan hacker dan cracker. Kata hacker itu sendiri sebenarnya adalah istilah yang lahir dan digunakan untuk menyatakan seseorang yang memiliki keahlian dalam bidang computer baik itu program komputer maupun komputer jaringan.
Sayang dalam perkembangan sejarahnya istilah hacker ini mendapatkan artian yang negatif di masyarakat. Hal ini disebabkan oleh kegiatan beberapa orang yang menyalah gunakan kemampuan yang mereka miliki untuk melakukan aksi peretasan atau pembobolan komputer dengan maksud dan tujuan tertentu. Ini merupakan kesalahpahaman yang terus tumbuh pada sebagian besar pengguna komputer dan internet sampai saat ini. Banyak orang memahami bahwa setiap kegiatan peretasan yang mengakibatkan kerugian pihak tertentu seperti mengambil alih situs web, mengambil alih akun media social, menyisipkan virus, dan lain-lain merupakan tindakan hacker dan hacker lah yang harus bertanggung jawab. Di sinilah harus kita pahami ternyata yang harus bertanggung jawab dalam hal itu adalah cracker, Cracker lah yang menggunakan celah-celah keamanan yang belum diperbaiki oleh pembuat perangkat lunak  untuk menyusup dan merusak suatu sistem. Jadi pertanyaannya apa perbedaan hacker dan cracker tersebut.

Perbedaan Hacker dan Cracker

Dari penjelasan diatas dapat kita simpul kan bahwa hacker adalah  seseorang yang memiliki keahlian dalam bidang komputer namun menggunakan keahliannya tersebut untuk melihat, menentukan dan memperbaiki kelemahan sistem keamanan dalam sebuah sistem komputer sehingga menjadi sistem yang lebih baik demi kepentingan bersama. Sedangkan cracker merupakan kebalikan dari para hacker. Cracker adalah seseorang yang memiliki keahlian dalam bidang komputer namun mereka menggunakan keahlian mereka dengan memanfaatkan kelemahan suatu sistem untuk kepentingan pribadi  dengan merugikan merugikan orang lain. Semoga dengan membaca artikel singkat ini para pembaca blog belajar internet dapat memahami dan mengetahui perbedaan hacker dan cracker.