Perkuat Sinyal Modem Tanpa Alat Tambahan

Posted By admin

Kali ini saya akan berbagi salah satu cara sederhana bagaimana cara memperkuat sinyal modem tanpa menggunakan alat atau perangkat tambahan. Hanya saja perlu pembaca ketahui sebelumnya, cara berikut ini hanya berlaku untuk bagi yang sinyal pada modemnya suka mengalami gangguan antara sinyal EDGE dan 3G. Jadi ini merupakan salah satu cara dari sekian banyak cara yang ada untuk memperkuat sinyal modem. Berhasil tidaknya tergantung keadaan yang dialami para pembaca. Cara kali ini kebetulan merupakan cara yang sering saya gunakan untuk mengatasi gangguan yang sering saya alami pada modem saya. 
Pada modem tentu kita dapat melihat jenis sinyal apa yang tersedia pada wilayah dimana kita sedang menggunakan modem untuk mengakses internet. Biasanya terdapat dua  jenis sinyal yaitu EDGE (2G) dan 3G. Jika suatu wilayah memang menggunakan dua jenis sinyal EDGE dan 3G sering kita temui secara tiba-tiba sinyal 3G dan EDGE ini berubah dengan sendirinya hal ini terjadi jika sinyal 3G lemah sehingga secara otomatis akan berpindah ke EDGE dan sebaliknya. Inilah yang sering menjadi gangguan sehingga membuat koneksi kita melambat.  Jadi hal ini bisa kita siasati dengan merubah jenis sinyal yang kita inginkan dengan merubah pengaturan melalui setting modem yang kita gunakan dengan cara memilih menu tool - options - network. Pada menu network inilah kita akan merubah pilihan sinyal yang akan kita pilih sebagai cara perkuat sinyal modem. Pada gambar dibawah ini adalah jika kita memilih menggunakan sinyal 3G, pilih WCDMA only kemudian pilih Aplly.
cara perkuat sinyal modem
Setelah kita melakukan setting pada modem seperti gambar diatas, berarti kita memilih hanya menggunakan sinyal 3G. Biasanya berdasarkan pengalaman pribadi saya, dijamin hasil koneksi kita akan lebih memuaskan. Namun kelemahannya apabila sinyal 3G tersebut hilang atau mengalami gangguan secara otomatis koneksi kita terputus hanya saja biasanya modem kita akan berusaha bertahan dengan sinyal 3G walau dengan sinyal yang sedikit. Selanjutnya apabila wilayah dimana kita melakukan koneksi internet hanya menyediakan jaringan EDGE, lakukan kembali cara perkuat sinyal modem anda sama seperti cara diatas yaitu  memilih menu tool - options - network namun kali ini pilih WCDMA prefered. Apabila pada wilayah yang hanya menyediakan jaringan EDGE dan kita memilih sinyal 3G pada modem sinyal tidak akan muncul karena modem hanya mendeteksi sinyal 3G saja tidak akan mendeteksi sinyal EDGE. namun jika hanya tersedia sinyal EDGE kita tidak perlu khawatir karena wilayah yang hanya menyediakan sinyal EDGE juga memiliki kecepatan internet yang lumayan cepat. Sekian artikel  singkat dari saya bagaimana cara perkuat sinyal modem tanpa menggunakan perangkat tambahan semoga bermanfaat dan selamat mencoba.