Bagaimana Menentukan Judul Artikel yang Tepat

Posted By admin

Sesuai dengan tujuan awal kita dalam membangun sebuah blog yaitu ingin berbagi informasi, sudah pasti blog yang kita miliki akan berisi banyak konten. Banyak konten berarti anda akan menulis banyak artikel. Pertanyaannya, bagaimana cara anda menentukan judul artikel yang anda buat ? Walau terdengar sederhana, Menentukan judul artikel ternyata memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap hasil apa yang kita harapkan dari artikel itu sendiri.

Mengapa menentukan judul artikel itu begitu penting ?

Ketika seseorang melakukan pencarian sebuah kata kunci, mesin telusur akan menampilkan sepuluh hasil pencarian teratas sesuai dengan kata kunci yang di cari. Mesin pencari akan menyeleksi puluhan bahkan ratusan blog yang sesuai dengan kata kunci tersebut dan salah satu cara mesin pencari menentukan artikel dari blog mana yang layak tampil di halaman pertama adalah dengan melihat kesesuaian judul artikel yang ada dalam blog tersebut. Jadi sudah jelas mengapa menentukan judul artikel menjadi sesuatu yang harus diperhitungkan dalam sebuah artikel.


Berikut ada beberapa hal yang bisa kita lakukan dalam menentukan judul artikel agar artikel yang kita buat bisa memberikan hasil sehingga menambah nilai blog kita di mata pengunjung maupun di mata mesin pencari.

Kata kunci dalam judul artikel

Judul artikel harus mengandung kata kunci yang kita inginkan, jadi sebelum menentukan judul artikel, sebaiknya kita harus melakukan analisa kata kunci terlebih dahulu. Kata kunci yang paling banyak di kunjungi orang tetapi dengan pesaing yang rendah,  itu berarti sebuah peluang untuk mudah bersaing dalam seleksi mesin pencari dan merupakan sebuah kesempatan pada artikel kita untuk mendapat banyak pengunjung. Jadi memilih dan menyisipkan kata kunci yang tepat pada judul merupakan hal pertama yang bisa dilakukan dan diperhatikan dalam upaya menentukan judul artikel.

Judul yang menarik

Setelah menemukan kata kunci yang anda cari, buatlah judul artikel yang bisa menarik minat pengunjung untuk membacanya tentu dengan kata kunci yang disisipkan didalam judul tersebut. Jadi keahlian anda memilih kata kunci yang tepat diperlukan disini. Judul yang menarik itu biasanya memberikan rasa penasaran pada pengunjung untuk melihat lebih lanjut isi dari artikel tersebut.

Sesuaikan judul dengan hasil mesin telusur

Ini merupakan bagian selanjutnya yang harus anda perhatikan dalam menentukan  judul artikel. Sesuaikan judul dengan hasil mesin telusur yang saya maksud adalah, Pernahkah anda melakukan pencarian dan melihat hasil pencarian yang ditampilkan oleh mesin telusur. Disana kita akan melihat artikel blog sebagai hasil pencarian teratas yang ditampilkan mesin telusur namun menampilkan judul artikel yang terpotong. Hal ini sangat berpengaruh sekali walaupun artikel yang kita buat berada di halaman pertama, tapi judul artikel tersebut bisa saja membuat minat pembaca untuk melihatnya menjadi hilang. Itu berarti artikel kita hilang kesempatan untuk dikunjungi orang lain. Untuk melihat bagaimana panjang pendeknya judul artikel yang tepat, ini bisa kita coba sendiri dengan melakukan eksperimen melalui blog.

Cara di atas merupakan beberapa cara yang harus diperhatikan dalam menentukan judul artikel. Judul bisa kita ibaratkan tampilan muka dimana merupakan bagian depan yang terlebih dahulu dilihat orang sehingga niat tidaknya orang membaca isi dalam artikel tergantung dari judul artikel yang kita buat. Jadi setelah membaca artikel ini, mulai sekarang anda sudah bisa mulai memikirkan bagaimana cara yang tepat dalam menentukan judul artikel untuk blog anda.