Cara Tepat Memilih Template Untuk Blog

Posted By ichsan nurhidayah

Template merupakan bagian utama dalam sebuah blog, bagaimana tidak ? template merupakan unsur penting yang menentukan bentuk tampilan suatu blog. Lebar sempitnya halaman blog, susuan widget serta pengaturan navigasi semua menjadi satu kesatuan yang terstruktur inilah yang dinamakan template.  Tidak hanya sebatas penampilan,  template memiliki ternyata memberikan nilai SEO tersendiri untuk suatu blog. Jadi walaupun pada dasarnya kita bisa menentukan template sesuai dengan keinginan kita sendiri, namun pemilihan template yang tepat sudah pasti memberikan manfaat yang besar terhadap nilai blog di mata mesin pencari. Jadi agar tidak salah dalam memilih template untuk digunakan pada blog yang anda bangun, perhatikan kiat memilih template yang baik untuk blog berikut ini.

Pilih template yang ringan dalam membuka halaman atau fast loading. Ini biasanya menjadi bagian yang terlebih dahulu diperhatikan oleh para pengunjung. Tidak banyak pengunjung yang suka menunggu blog dengan loading halaman yang lambat. Mereka akan merasa membuang waktu dan bahkan bisa membuat mereka beralih ke blog lain yang mungkin menyajikan materi yang sama dengan kita namun memiliki loading yang cepat.

Pilih template yang bisa menyesuaikan hasil tampilannya sendiri sesuai dengan keadaan perangkat yang digunakan atau yang sekarang lebih dikenal dengan nama template resvonsive. Hal ini berguna apabila terdapat pengunjung blog yang menggunakan media lain selain komputer untuk mengakses blog kita. Ini sudah jelas sekali bahwa pemilihan template harus memperhatikan dan memberi kemudahan bagi para pengunjung yang mengakses blog kita dengan perangkat mobile.

Pilih template dengan tampilan sederhana atau yang tidak terlalu ramai. Template dengan tampilan ramai akan terkesan sempit bagi sebagian pengunjung sehingga bisa membuat mereka malas untuk berlama-lama dalam kunjungannya. Kemudian sediakan juga navigasi yang mudah karena template yang seperti ini tidak hanya disukai oleh pengunjung namun akan mendapat nilai plus di mata mesin pencari.

Pilih template dengan tampilan warna yang menarik, jangan gunakan warna yang gelap tapi usahakan pilih warna yang cerah sehingga tidak membuat pengunjung cepat merasa bosan. Sesuaikan warna latar postingan dengan warna teks agar teks bisa dibaca dengan jelas. Jadi walau terdengar sepele, namun pemilihan warna pun sangat mempengaruhi nilai blog bagi para pengunjung.

Semoga ulasan diatas bisa menjadi rujukan anda dalam memilih template yang tepat yang akan digunakan dalam blog anda. Ingat template yang baik menjadi salah satu faktor yang berpengaruh terhadap rangking suatu blog.