Cara Kerja Sistem Dropship Dalam Bisnis Online

Posted By ichsan nurhidayah

Setelah pada artikel sebelumnya saya mengenalkan program afiliasi dalam bisnis online, maka kali ini saya akan mengenalkan juga salah satu istilah yang sering anda temui dalam dunia internet terutama internet marketing yaitu bisnis online dengan sistem dropship. Bisnis online yang satu ini menjadi salah satu bisnis jual beli yang saat ini lumayan banyak digemari. Hal ini dikarenakan sistem dropship tergolong kedalam bisnis online yang juga memberikan begitu banyak kemudahan kepada para pelaku bisnis tersebut. Salah satunya adalah minim dalam penggunaan modal. "Berarti sama dengan sistem bisnis online pada artikel sebelumnya ? " baca program afiliasi dalam bisnis online pada artikel sebelumnya!. Kalau dilihat dari kategori bisnis online yang sama-sama minim menggunakan modal mungkin iya. Namun kalau dilihat dari sistem kerjanya, jelas sekali sistem dropship ini berbeda.

Dropship merupakan jenis bisnis online dengan sistem jual beli dimana kita menjual suatu produk kepada pembeli tetapi kita tidak memiliki stok produk tersebut secara langsung akan tetapi stok barang atau produk hanya dimiliki oleh penyedia barang atu yang disebut supplier. Jadi kita disini selaku penjual atau yang biasa disebut dropshiper.

SISTEM KERJA DROPSHIP
Ketika ada orang tertarik kepada suatu produk yang kita promosikan, tentu mereka akan menghubungi kita dan melakukan transaksi pembelian. Setelah pelanggan mentransfer uang ke rekening kita, kita membayar kepada supplier sesuai dengan harga beli serta memberikan data-data pelanggan (nama, alamat, nomor ponsel) kepada supplier. Barang yang kita pesan kepada supplier akan dikirim langsung ke alamat pembeli tadi namun dalam hal ini nama pengirim yang tercantum bukan nama supplier namun nama kita selaku dropshiper .
Mengapa sistem ini banyak diminati, tentu karena pada dasarnya sistem dropship ini akan memberi banyak kemudahan yaitu:

  • Tidak perlu modal awal yang besar
Untuk memulai bisnis ini karena kita tidak perlu modal untuk stok barang dan sewa tempat anda hanya cukup memiliki sebuah komputer yang terhubung dengan jaringan internet.

  • Tidak terbatas ruang waktu
Dalam bisnis dropship ini antara kita dengan konsumen tidak ada batasan waktu. sebuah transaksi jual beli antara kita dan konsumen bisa terjadi kapan saja, bisa pagi, siang, sore, di rumah atau saat berpergian selama itu memungkinkan.

  • Sistem yang tergolong praktis
Kita hanya perlu memikirkan bagaimana mempromosikan produk yang ingin kita jual tanpa harus memikirkan stok, pengepakan atau pengiriman barang, namun kita hanya memantau lewat komunikasi dengan supplier dan pembeli sudah sejauh mana proses pengiriman.
Siapapun bisa berpeluang menjalankan bisnis online dengan sistem dropship hanya saja sebelum memutuskan untuk menjalankan bisnis ini, ada baiknya kita mempelajari lebih dalam tentang bagaimana menjalankan sistem dropship dengan benar agar nanti disaat kita mulai terjun kedalam bisnis ini kita sudah memiliki bekal dasar yang cukup.