Merawat Laptop Biar Awet Lakukan Hal Berikut

Posted By admin

Pada masa sekarang ini laptop sudah menjadi salah satu media yang banyak digunakan oleh berbagai kalangan baik itu oleh pelajar, mahasiswa, wirausaha, pekerja kantoran bahkan mungkin oleh pembaca sendiri yang tentunya disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing pengguna. Namun dibalik penggunaannya, sudah seharusnya kita memperhatikan juga bagian perawatan media yang multi fungsi ini. Hal ini dimaksudkan agar laptop yang kita miliki bisa awet dan tahan lama. Jujur selama ini saya kurang memperhatikan perawatan pada laptop yang saya miliki dan alhasil laptop tersebut mengalami kerusakan yang cukup membutuhkan biaya yang lumayan.
Sekarang saya sudah mulai melakukan perawatan sendiri walaupun merupakan hal sederhana namun yang saya lakukan dapat membuktikan laptop kedua saya menjadi lebih awet dan tetap lancar. Untuk menjadikan laptop menjadi lebih awet anda bisa melakukan beberapa hal sederhana berikut :

  • Jangan menggunakan laptop dalam jangka waktu lama secara terus-menerus tanpa henti secara berlebihan. Jika memang mengharuskan digunakan dalam waktu lama, dalam setiap 2 jam matikan dahulu laptop sebentar biarkan suhu laptop kembali normal baru dinyalakan kembali karena menyalakan laptop yang terlalu lama secara nonstop akan membuat daya tahan laptop kita menjadi lemah. Selain itu selama anda mematikan laptop anda juga bisa istirahat sejenak sehingga dapat menyegarkan pikiran anda kembali serta memberikan istirahat pada mata.
  • Jangan menggunakan laptop sampai laptop mati dengan sendirinya dikarenakan baterai laptop habis. Tapi matikan laptop jika baterai sudah menunjukan tanda mendekati habis.
  • Defraglah secara berkala file dalam laptop karena letak file yang tidak beraturan  bisa berpengaruh pada kinerja laptop itu sendiri.
  • Hapus file yang dirasa sudah tidak berguna atau yang kita anggap tidak kita perlukan lagi karena bisa memperberat kapasitas memori pada laptop.
  • Jika selama menggunakan laptop dan anda berada ditempat yang dekat dengan sumber listrik maka sebaiknya gunakan listrik secara langsung dengan baterai tercabut dari laptop karena hal ini bisa memberikan nilai awet tersendiri bagi baterai laptop.
  • Jangan menghidupkan laptop yang sedang di charger dan lepaslah segara charger jika baterai sudah menandakan 100% karena hal ini juga untuk menjaga keawetan baterai pada laptop.
  • Gunakan antivirus untuk berjaga-jaga karena setiap laptop pasti berisiko terkena virus komputer baik itu melalui flashdisk atau melalui internet.
  • Bersihkan bagian ventilasi laptop dengan alat khusus atau benda yang lembut
  • Rajin-rajinlah membersihkan ventilasi laptop dengan alat khusus yang bisa dibeli di toko komputer.
  • Jangan meletakkan laptop dibawah sinar matahari langsung karena Panas yang berlebihan mungkin bisa menyebabkan kerusakan komponen-komponen laptop.
  • Bila Anda akan menyimpan laptop dalam waktu lama, sebaiknya lepaskan baterai dan simpan dalam tempat yang sejuk dan kering.
  • Jangan meletakkan benda yang mengandung medan magnet karena medan magnet bisa mempengaruhi piranti pada laptop. 
  • Yang terakhir kesalahan yang sering kita lakukan adalah menggunakan laptop di atas tempat tidur. Jangan lakukan hal ini, Tapi letakkan laptop pada posisi yang datar yang tidak menutupi bagian bawah laptop karena laptop memerlukan sirkulasi atau pertukaran udara terutama di bagian bawah laptop. 

Ternyata untuk melakukan perawatan laptop tidaklah memerlukan waktu yang khusus atau sampai menyita waktu namun  melakukan perawatan laptop bisa kita lakukan seiring dengan pemakaian laptop itu sendiri. Silahkan mencoba, saya yakin hal sederhana diatas bisa membuat laptop menjadi lebih awet.