Internet Sehat dan Aman Untuk Anak dan Remaja

Posted By ichsan nurhidayah

Sebagai sarana yang memudahkan suatu pekerjaan manusia, Perkembangan teknologi internet ini mengalami perkembangan yang pesat baik dari segi kegunaan maupun penggunaannya di masyarakat. Dahulu mungkin internet hanya bisa diakses oleh sebagian orang dengan menggunakan komputer pada lingkungan kerja seperti perkantoran namun sekarang sesuai dengan perkembangannya internet bisa diakses oleh siapa saja kapan saja dan dimana saja. Tidak hanya berlaku di kalangan dewasa namun juga di kalangan anak dan remaja.
Namun dibalik kegunaannya sebagai sebagai sumber informasi yang luas, internetpun bisa memberikan informasi yang mungkin belum seharusnya diketahui oleh pemakai internet. Seperti konten-konten yang seharusnya di tujukan atau hanya untuk orang dewasa malah diakses oleh remaja dan anak anak. Hal ini tentu harus kita antisipasi agar kita tidak salah jalan dalam memberikan internet sebagai sesuatu yang bermanfaat buat anak.
Jika diantara pembaca merupakan orang tua atau seorang kakak yang memiliki adik masih usia remaja, berikut ini ada beberapa tips sederhana yang bisa  dilakukan untuk menjadikan internet sehat dan aman bagi mereka.

  • Beri penjelasan dasar tentang manfaat dan kegunaan internet
Sebelum memberikan anak media untuk mengakses internet (Hp,laptop, dll) sebaiknya kita menjelaskan dahulu apa manfaat dan kegunaan dari media tersebut bila perlu buat perjanjian yang harus dipatuhi oleh anak jika menggunakan media internet.

  • Luangkan waktu untuk mereka
Luangkan waktu untuk menemani si anak/adik saat berselancar di dunia maya. karena rasa ingin tahu remaja dan anak-anak begitu besar. Jadi mendampinginya saat menjelajahi dunia maya dan menjelaskan apa yang mereka temukan merupakan salah satu cara baik yang bisa anda lakukan.

  • Kenali seluk beluk dunia internet
Sebagai orang tua sebaiknya kita harus mengetahui  seluk beluk dunia internet, seperti mengetahui cara memblokir konten-konten yang kita anggap kuran tau tidak pantas untuk mereka.

  • Berikan ruang yang jelas
Jika media yang diberikan berupa laptop atau komputer, tempatkan di area yang bisa anda lihat hindari menaruh komputer di ruang pribadi si anak seperti kamar atau ruangan yang tidak bisa anda lihat secara langsung.

  • Buat perjanjian bersama
Buatlah perjanjian bahwa kita bisa juga mengakses akun email untuk mengawasi kegiatan anak selama berinternet.

  • Berikan batas yang jelas
Batasi anak dalam melakukan chatting pribadi dan beri penjelasan hal hal yang mungkin terjadi dan bagaimana cara mencari teman yang baik dalam bermedia sosial dan katakan  jangan pernah merespon setiap surel (email)  atau chatt dari orang yang tidak mereka kenal sebelumnya. Jika anda merasa usia anak belum pantas maka jangan diberikan akses untuk ini sampai kita benar-benar yakin waktu yang tepat kapan untuk mereka boleh menggunakan media sosial.

  • Berikan respon
Respon semua pertanyaan anak jika mereka merasa ada konten yang tidak mereka pahami. jangan sampai mereka menemukan jawaban sendiri dari hal yang tidak mereka pahami.

  • Buat mereka nyaman
Dan yang terakhir merupakan satu bagian yang penting adalah buat anak merasa nyaman dengan kita sehingga mereka mau berbagi dan menjadikan kita sebagai rekan dalam berselancar di dunia internet karena dengan begitu kita akan menjadi lebih mudah mengawasi dan  memantau semua aktivitas dunia internet mereka.

Jika pembaca adalah seorang remaja, ingat tidak semua orang dalam internet berlaku jujur dan tidak semua orang menjadikan internet sebagai sarana yang positif  jadi jangan mudah percaya begitu saja dengan informasi yang masih diragukan kebenarannya terutama isu-isu yang bersifat provokativ dan jangan langsung percaya dengan orang yang baru anda kenal entah itu lewat email atau saat bermedia sosial, bisa saja mereka berbohong dan berniat melakukan aksi kurang terpuji yaitu semacam penipuan. segera tinggalkan konten-konten yang anda anggap kurang pantas agar terhindar dari pengaruh internet yang tidak sehat.