Flashdisk Tidak Terbaca Jangan Panik !!

Posted By ichsan nurhidayah

Mengatasi flashdisk tidak terbaca pada komputer. Sebagai pengguna komputer flashdisk merupakan salah satu bagian yang tak terpisahkan dimana dengan flashdisk, kita dapat dengan mudah membawa semua data kemana saja sehingga sudah tentu akan mempermudah pekerjaan. Namun kadang disaat kita benar ingin menggunakannya, flashdisk tersebut tiba-tiba mengalami eror tanpa sebab sehingga menimbulkan kepanikan. Kali ini saya akan berbagi bagaimana mengatasi flashdisk yang tidak terbaca oleh komputer.
  • Langkah pertama masukkan flashdisk pada prompt USB kemudian tunggu beberapa saat. Jika tidak terbaca langsung saja Anda buka control panel. Caranya klik start kemudian pilih control panel.
  • Setelah control panel terbuka ganti mode menjadi klasik. Caranya klik pada tombol Switch to classic atau klik ubah menjadi tampilan klasik.
  • Setelah berubah menjadi mode klasik Anda akan menemukan menu Add hardware, kemudian klik menu tersebut. klik Next pada kotak dialog Kemudian akan muncul pilihan yaitu yes, I have already connected the hardware dan No, I have not added already connected the hardware. Pilih yes, karena sudah terhubung dengan flashdisk.
  • Cara mengatasi flashdisk tidak terbaca selanjutnya yaitu komputer akan secara otomatis mendeteksi keberadaan flashdisk. Jika sudah terdeteksi, maka flashdisk akan segera terdeteksi. Jika sudah terdeteksi menu selanjutnya Anda tinggal mengklik cancel. Jika masih tidak terdeteksi lanjutkan dengan pilih next dan ikuti langkah-langkah selanjutnya.
Jika cara diatas masih belum juga berhasil dan tetap flashdisk tidak terbaca anda bisa melakukan cara yang kedua seperti berikut:
  •  Sambungkan flashdisk ke komputer anda Klik kanan pada my computer dan pilihlah tulisan Computer Management.
  • Setelah terbuka jendela baru, kemudian pilih Disk Management”. Dalam Pada opsi disk drive flashdisk Anda, klik kanan, lalu pilih “Change Drive Letter and Paths...”
  • Setelah itu, akan muncul jendela baru dengan judul Change Drive Letter and Paths for ... (nama flashdisk Anda). Kemudian klik Add Selanjutnya Anda tinggal setting jenis drivernya, semisal: H, kemudian klik OK.
  • Selesai. Jika Anda melakukan langkah-langkah tadi secara urut dan benar, maka akan muncul driver flashdisk di Windows eksplorer.
Demikianlah cara bagaimana cara mengatasi flashdisk tidak terbaca di komputer. Silahkan anda mencoba salah satu cara diatas semoga masalah pada flashdisk anda bisa teratasi.