Sistem Reseller Dalam Bisnis Online

Posted By ichsan nurhidayah

Setelah membahas tentang bisnis online dengan system dropship pada artikel sebelumnya, selanjutnya saya akan mencoba menjelaskan salah satu bisnis online lainnya yang juga sering kita dengar, yaitu bisnis online dengan sistem reseller. Sama dengan bisnis online dengan sistem dropship, bisnis online dengan sistem reseller ini juga sangat banyak digemari oleh pelaku bisnis online. Hal ini mungkin disebabkan oleh beberapa kemudahan yang ditawarkan dalam menjalankan bisnis online dengan cara ini.
Arti dari reseller itu sendiri adalah orang yang menjual kembali produk atau barang dari orang lain (supplier). Jika kita lihat dari pengertian tersebut, sepintas sistem reseller ini akan sama dengan sistem dropship namun ternyata dalam sistem yang digunakan jelas sekali antara sistem reseller dan sistem dropship ini memiliki perbedaan. Sayapun cukup lama bertahan dengan pengertian yang salah bahwa antara reseller dan dropship adalah satu bisnis online yang sama hanya saja memiliki dua nama. "Lantas apa yang membedakannya ?" Perbedaan antara reseller dan dropship bisa dilihat dari pola penyediaan atau stok barang. Pada sistem dropship,  para dropshiper bisa langsung mempromosikan suatu produk yang akan mereka jual dan ketika barang yang mereka tawarkan sudah ada yang membeli barulah mereka akan menghubungi supplier atau penyedia barang. Jadi para dropshiper ini tidak perlu mengeluarkan modal untuk melakukan stok barang. Sedangkan pada sistem reseller,  mereka terlebih dahulu harus membeli barang dari reseller  sebagai barang yang nantinya akan ditawarkan untuk mereka jual (stok) jadi sudah tentu pada sistem reseller ini kita harus mengeluarkan modal terlebih dahulu untuk mendapatkan stok barang dan selain itu karena barang stok berada pada reseller itu sendiri maka untuk pengepakan dan pengiriman sudah pasti dilakukan sendiri oleh reseller.
Dari uraian diatas, pembaca sudah tahu perbedaan antara sistem reseller dan dropship. Jadi ketika pembaca memiliki minat untuk mencoba berbisnis online, pembaca sudah bisa menentukan mana yang paling sesuai untuk memulai langkah pertama terjun kedalam bisnis online